Traill for Work and Fun! | Bike for Adventure | Life for Enduro, Enduro for Life | You Can Go Fast, I can Go Anywhere | Dunia ini luas bro... dan lo cuma di zona nyaman doang? |
Coba deh nikmati keindahan ciptaan Tuhan di belahan dunia yang lain | Indonesia itu luas, pemandangannya juga indah, sayang kalo cuma berdiam diri di rumah.

Friday 18 October 2013

BASIC Suspension Knowledge and Braking


SUSPENSI
Memiliki pemahaman yang baik mengenai suspensi anda adalah suatu hal yang sangat dperlukan untuk memahami karakter dan pergerakan motor anda
ini akan memberikan kita pengertian dan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan “REM MANA YANG HARUS SAYA GUNAKAN ?”, “Kapan saya harus me ngerem ketika kita akan menikung ?”, “Kapan Sya membuka gas pada saat di tikungan?”, “Apa yang harus saya lakukan bila sya masuk ke tikungan terlalu cepat ?”
Nah sekarang kita perhatikan Apa yang terjadi dengan suspensi ketika mengerem dan melakukan akselerasi pada jalur lurus

MENGEREM, Berat bergerak ke depan.

Akselerasi, Berat bergerak ke Belakang

Anda bisa lihat pada saat mengerem atau menurunkan gas, berat (Centre Of Gravity) motor anda pindah ke depan menuju ban depan anda dan menjauhi ban belakang anda, nah anda sekarang dapat melihat bahwa Ban belakang menjadi tidak efektif karena traksi roda belakang terhadap aspal BERKURANG, dan sangat memungkinkan terjadinya REAR WHEEL LOCK UP atau roda belakang anda akan terkunci ! Sebaliknya anda sekarang bisa melihat bahwa menggunakan rem depan akan memberikan roda depan anda beban yang semakin besar untuk menekan ASPAL dan memberikan anda Traksi yang lebih baik untuk menghentikan laju motor anda, Banyak Ngerem depan…lebih Banyak Traksi…kecepatan Berkurang.

OK sekarang bagaimana hal diatas mempengaruhi cara anda berkendara, sebagai permulaan kita melihat bahwa penggunaan rem yang terbaik adalah rem DEPAN, kita juga mengetahui bahwa menurunkan kecepatan di Tikungan dalah bukan ide bagus, Ini memberikan Stress yang lebih besar pada ban depan dan justru menyebabkan hilangnya Traksi dan menyebabkan roda belakang anda selip dan roda depan…nggelosoor.

Nah disini kita akan berfikir..bagaimana kita mengontrol Suspensi pada tikungan ! Aturan Geometri terbaik pada saat kita berada di tikungan adalah si Suspensi dibuat untuk menekan roda belakang (power) pada permukaan jalan, INI ARTINYA…MENGATUR POWER DARI AKSELERASI PASA SAAT KITA BERADA DI TIKUNGAN.

Ini juga memberikan penjelasan mengapa kita harus berada pada kecepatan yang tepat pada saat kita akan memasuki tikungan sehingga kita dapat tetap menjaga Power dan akselerasi pada saat di tikungan.

Jika Anda belum pernah menikung terlalu Cepat….maka Ignore aja bahasan di bawah ini Cheesy

reaksi Alami kita pada saat situasi seperti diatas adalah mengurangi kecepatan dengan menutup gas tiba-2 atau mengerem, namun klo kita lihat lagi ini justru MEMPERBURUK SITUASI, Kenapa ? ini menyebabkan roda depan anda mengunci terhadap sudut geometri gaya sentrifugal yaitu tertarik keluar sehingga menyebabkan motor anda menjadi TEGAK dan posisi berbelok jadi kacaw dna keluar jalur lintasan, Jalan terbaik adalah dengan tetap mengunci posisi motor pada keadaan sbelum masuk tikungan (GAYA MOTOGP) atau Menekan lebih jauh posisi belakang anda sehingga menjadi Counter Steering dan tetaplah membuka Gas (INI HARUS DIYAKINI OLEH MASING MASING)*Menambah Power pada saat terjadi hal diatas adalah hal yang terbaik.RED;

MORE POWER/ Throttle hampir akan selalu memberikan jalan keluar terbaik pada posisi ini dibanding dengan melakukan pengereman.

Roda belakang yang berputar memberikan kita Stabilitas Gyroscopic lebih dari 80% motor anda termasuk anda sendiri, karena berhungan langsung dengan AXL atau Swing Arm dengan Chasiss motor anda , sedangkan bagian roda depan hanya terpengaruh secara tidak langsung oleh roda belakang yang berputar.

Jika anda mengunci roda belakang anda, maka akan menyebabkan Selip, Motor tidak akan semudah itu untuk tetap berada pada jalur lurus, motor akan dipengaruhi oleh Roda belakang yang berpitar dan menyebabkan laju motor justru menyamping atau ke arah lain, dilain pihak jika roda depan anda terkunci(Pada saat jalur lurus) dan menyebabkan roda depan Selip, ada banyak aasan yang harus kita percaya bahwa selama roda belakang tetap berputar dengan kecepatan yang konstan dan tetap mengarahkan roda depan anda berjalan lurus, maka motor anda akan tetap berada pada jalurnya dan tetap berdiri VERTIKAL sehingga anda bisa memulai membenarkan maslah anda dengan melepaskan rem depan secara perlahan.

No comments:

Post a Comment