Traill for Work and Fun! | Bike for Adventure | Life for Enduro, Enduro for Life | You Can Go Fast, I can Go Anywhere | Dunia ini luas bro... dan lo cuma di zona nyaman doang? |
Coba deh nikmati keindahan ciptaan Tuhan di belahan dunia yang lain | Indonesia itu luas, pemandangannya juga indah, sayang kalo cuma berdiam diri di rumah.

Friday 18 October 2013

Menguasai Kendaraan pada saat Cornering


Bolehkah saya sekiranya berbagi sedikit pengetahuan yang saya dapat selama ini
biasanya kebanyakan rekan-2 pasti lebih memilih untuk meng Upgrade motornya sebelum Menguprade skill berkendaranya dia sendiri, kadang hal tersebut yang menjadikan buah simalakama bagi ridernya pada saat turing dan menemui jalan yang cukup variatif dengan belokan dan kondisi yang diluar dugaan, IMHO ada beberapa point yang seharusnya diketahui dan dikuasai sebaik-baiknya oleh rider sebelum mengupgrade motornya bisa saya sebutkan adalah DASAR dari penguasaan motor itu sendiri terbagi menjadi bbrp bagian di bawah ini :

Power Control
Pelajari kekuatan mesin motor anda seberapa cepat dia bisa berakselerasi, seberapa besar tenaga yg dimuntahkan mesin pada saat membuka gas secara lembut dan saat membuka gas secara sekaligus ini untuk mengantipasi gejala OVER Throttle pada saat anda berada atau sebelum masuk tikungan yang bisa berakibat fatal.

Braking Point
Menghitung jarak pengereman pada saat memasuki tikungan atau pada saat di jalur lurus, anda harus bisa mengkalkulasikan berapa kecepatan yang diperlukan pada saat memasuki tikungan dan berapa meter jarak yang diperlukan oleh motor anda untuk mencapai kecepatan yang diinginkan dari posisi kecepatan tertinggi anda, ini bisa dilatih dengan cara terus mengulang dan mencoba jarak pengereman yang berbeda-2 pada 1 tikungan dimulai dari kecepatan terendah dan terus naik ke kecepatan yang lebih tinggi.

Shifting Control
Perpindahan gigi dari gear rendah ke gear tinggi atau sebaliknya untuk mengetahui seberapa besar power or engine brake yang akan motor anda berikan ketika anda melakukan perpindahan gigi.

Clutch Control
Teknik yang dibarengi dengan Shifting control ini untuk mengetahui seberapa kekuatan mesin anda pada saat POP CLutch or membuka kopling secara mendadak untuk mengantisipasi roda belakang anda Skid or Slide.

Traction Sense
Anda harus benar-2 mengetahui seberapa kekuatan BAN anda pada saat memasuki tikungan, apakah ban anda termasuk GRIP type....atau Drift Type....dengan mengetahui seberapa kekuatan GRIP ban and apada saat memasuki tikungan akan mengurangi gejala Skid or Slide dan mempermulus anda dalam melakukan cornering.

Suspension Capability
Suspensi yang terlalu lembut atau terlalu keras akan menyulitkan kita untuk menaklukan tikungan, pastikan anda mengetahui dengan pasti kondisi suspensi motor anda untuk mengambil keputusan kecepatan tertinggi dan terendah anda  dalam menaklukan tikungan.

Chasis, Swing Arm and Fork Configuration
Semua chasis memiliki karakter yang berbeda beda dan tak bisa disamakan, makanya pelajarilah sifat Chasis anda dengan baik, cara termudahnya adalah dengan mengetahui wheel base....rake....dsb dari motor anda untuk menghitung radius putaran motor dsb.

Saddle Position
Posisi jok akan menentukan bagaimana body positioning yang tepat untuk motor anda. Make sure anda merasa nyaman pada saat cornering.

Foot Peg Position
Foot step, posisinya sangat menentukan body position kita, foot peg yang terlalu rendah akan menyebabkan motor kita tidak dapat miring terlalu dalam karena akan tersangkut foot step yang bisa berakibat fatal.

Handle Bar Position
Stang Lebar atau Setang Jepit akan merubah posisi berkendara anda dan memiliki cara yang berbeda pula pada saat cornering, pastikan anda menggunakan teknik yang tepat untuk menguasai kondisi stang anda.

apabila kita sudah menguasai seluruh point diatas mudah-2an kita bisa lebih baik menguasai motor kita terutama pada saat cornering, karena buat sebagian orang cornering adalah hal yang sangat menakutkan..padahal tentu saja tidak apabila kita sudah tahu persis seharusnya seperti apa :)

No comments:

Post a Comment