Traill for Work and Fun! | Bike for Adventure | Life for Enduro, Enduro for Life | You Can Go Fast, I can Go Anywhere | Dunia ini luas bro... dan lo cuma di zona nyaman doang? |
Coba deh nikmati keindahan ciptaan Tuhan di belahan dunia yang lain | Indonesia itu luas, pemandangannya juga indah, sayang kalo cuma berdiam diri di rumah.

Friday 18 October 2013

hitungan gear blakang dan depan


Sebaiknya kita memahami itung2an hasil bagi gir blakang : gir depan beberapa type Pulsar dan akibatnya jika kita merubah perbandingan gir (sproket) tersebut :

1)PIBO UG4 -> 39 : 14 = 2.79.
2)P200 -> 38 : 14 = 2.71.
3)P220 -> 36 : 14 = 2.57.

Jika mau merubah perbandingan gir itu, inilah kuncinya (dng mesin tetap std) atau rumus yg sudah dari sononya berlaku :

- jika hasil bagi gir yg baru menjadi lebih kecil dari std-nya (disebut gir berat), maka tarikan jadi lebih lemot, dan topspeed bisa meningkat tapi perlu jarak lebih jauh

- jika hasil bagi gir yg baru menjadi lebih besar dari std (disebut gir ringan), maka tarikan jadi lebih ringan, tapi topspeed berkurang

- jika mesin sudah dimodif sehingga peak power meningkat sebesar 3 s/d 5 hp, maka memang sudah seharusnya perbandingan sproket diganti dengan yg lebih berat (akselerasi tidak akan menjadi lemot karna mesin sudah lebih kuat, dan topspeed bisa meningkat tanpa perlu jarak atau panjang jalan utk gaspol yg lebih jauh)

No comments:

Post a Comment